Langsung ke konten utama

Intip Yuk!! Inilah 15 Manfaat Lain Lidah Buaya Yang Harus Kamu Ketahui

manfaat lidah buaya dapat menyembuhkan berbagai penyakit, sebagai sumber vitamin dan nutrisi

Pada artikel sebelumnya, kamu pasti telah membacanya bukan? Di artikel sebelumnya telah dijelaskan mengenai 17 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut. Jika kamu belum membaca artikel  tersebut, silakan klik link berikut ini, 17 MANFAAT LIDAH BUAYA UNTUK WAJAH DAN RAMBUT. 

Perlu kamu ketahui bahwa lidah buaya tidak hanya bermanfaat untuk wajah dan rambut. Dengan adanya berbagai kandungan yang terdapat dalam Aloe vera, tanaman herbal yang satu ini ternyata tidak bisa dianggap remeh. Masih ada beberapa manfaat dari lidah buaya yang tidak kalah pentingnya.

Namun perlu kamu ketahui juga, tidak semua jenis lidah buaya bisa bermanfaat bagi kesehatan. Ada beberapa jenis lidah buaya yang memiliki racun yang cukup berbahaya bagi tubuh. Agar tidak penasaran, inilah manfaat lain dari lidah buaya bagi kesehatan.

Manfaat Lain Lidah Buaya Selain Untuk Wajah dan Rambut

1. Sebagai Obat Pencahar

Selain untuk wajah dan rambut, lidah buaya dapat dimanfaatkan sebagai obat pencahar/ untuk mengatasi sembelit. Terdapat senyawa aloin atau barbaloin yang disebut-sebut merupakan zat pencahar yang ampuh.

Zat ini terdapat pada zat lilin berwarna kuning yang menempel pada bagian permukaan bawah daun lidah buaya.

2. Mencegah Penyakit pada Gigi

Lidah buaya juga bermanfaat untuk mencegah penyakit pada gigi serta dapat menjaga kesehatan gigi. Penyakit yang timbul pada gigi kebanyakan disebabkan oleh plek gigi atau biofilm bakteri yang ada di sekitar gigi.

Dalam sebuah penelitian menunjukkan bahwa membilas mulut menggunakan jus lidah buaya, memiliki efek yang sama dengan efek yang diberikan oleh chiorthexidine atau obat kumur berkualitas tinggi. Halini disebabkan oleh kandungan antibakteri yang terdapat pada lidah buaya dapat membunuh kuman dan menjaga kesehatan gigi.

3. Memiliki Antioksidan Tinggi

Selain kandungan vitamin dan mineral, ternyata lidah buaya juga memiliki kandungan senyawa lain yang berguna sebagai obat.. Kandungan tersebut adalah antioksidan yang tinggi.

Salah satu senyawa yang terdapat pada lidah buaya yaitu polifenol. Polifenol merupakan senyawa yang memiliki sifat antioksidan yang kuat sehingga mampu menghambat laju perkembangan bakteri berbahaya yang dapat menimbulkan penyakit.

4. Sebagai Obat Diabetes

Manfaat lain dari lidah buaya yaitu dapat dijadikan sebagai obat bagi penderita diabetes, khususnya diabetes tipe 2. Dengan mengonsumsi olahan lidah buaya yaitu jus lidah buaya, kamu bisa mendapatkan vitamin yang terkandung di dalam lidah buaya sehingga dapat membantu meningkatkan sensitivitas hormone insulin dalam tubuh.

Selain itu, lidah buaya juga mampu mengatur kadar gula dalam tubuh kita. Namun, perlu diingat juga agar tidak mengonsumsi lidah buaya terlalu banyak. Karena apapun itu jika terlalu banyak atau berlebihan pasti tidak baik. Maka dari itu konsumsilah secukupnya sesuai kebutuhan. Beberapa penelitian telah menemukan efek samping mengonsumsi lidah buaya berlebih dapat merusak fungsi hati.

5. Sebagai Bahan Hand Sanitizer

Lidah buaya juga dapat digunakan sebagai bahan pembuatan hand sanitizer. Cara membuatnya cukup mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan setengah gel lidah buaya dengan setengah cangkir alkohol dan beberapa tetes minyak esensial.

Campuran tersebut dapat membersihkan tangan, melembutkan kulit, menyegarkan kulit, dan juga mengharumkan kulit.

6. Membantu Melancarkan Pencernaan

Lidah buaya mengandung delapan enzim yang dapat membantu proses pencernaan. Enzim-enzim tersebut mampu membantu dalam proses pemecahan gula dan lemak makanan sehingga dapat meningkatkan penyerapan nutrisi dan membantu kelancaran proses pencernaan.

Beberapa dari enzim tersebut yaitu enzim lipase dan protease. Enzim lipase berfungsi untuk memecah lemak menjadi asam lemak. Sedangkan enzim protease berfungsi untuk memecah protein menjadi lebih sederhana.

7. Mampu Mengatasi Asam Lambung yang Naik

Dengan mengonsumsi lidah buaya dapat membantu kamu dalam mengatasi naiknya asam lambung. Sebab, lidah buaya memiliki kandungan nutrisi alami yang tinggi yang mampu menurunkan asam lambung.

8. Membantu Program Diet

Menurut Britt Brandon, penulis buku  The Everything Guide to Aloe Vera for Health, tingginya kandungan asam amino, enzim, dan sterol yang terdapat pada lidah buaya mampu meningkatkan efektivitas diet. Lidah buaya juga memiliki protein yang tinggi sehingga mampu meningkatkan perkembangan otot dan memberikan energy saat kamu sedang diet.

9. Mempercepat Proses Penyembuhan Luka Bakar

Lidah buaya mengandung zat anti inflamasi yang berguna untuk menyembuhkan luka bakar. Kandungan anti bakteri di dalamnya efektif melawan infeksi yang disebabkan oleh bakteri sehingga mempercepat pemulihan luka.

10. Membantu Proses Detoksifikasi

Tubuh terkadang membutuhkan waktu untuk mengeluarkan semua racun dalam tubuh atau lebih dikenal dengan proses detoksifikasi. Dengan rajin mengkonsumsi lidah buaya, proses detoksifikasi dalam tubuh akan lebih cepat karena dibantu oleh manfaat lidah buaya itu sendiri.

11. Menjaga Kesehatan Kardiovaskular

Lidah buaya akan membantu meningkatkan kemampuan difusi sel darah merah serta transportasi oksigen sehingga masalah kesehatan kardiovaskular seperti jantung dapat diminimalisir.

12. Mengobati Penyakit Rheumatoid Artritis

Rheumatoid artritis, yang dengan sebutan radang sendi adalah penyakit autoimun yang terjadi karena tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuh itu sendiri. Lidah buaya merupakan obat yang ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini. Mengonsumsi lidah buaya selama dua minggu berturut-turut dapat mengobati nyeri akibat reumatoid arthritis.

13. Mengobati Radang Sendi

Penyakit radang sendi sering juga disebut dengan nama Rheumatoid Artritis. Penyakit ini merupakan penyakit autoimun yang terjadi karena tubuh diserang oleh sistem kekebalan tubuh itu sendiri.

Fungsi lidah buaya d isini sangat ampuh untuk menyembuhkan penyakit ini. Mengonsumsi lidah buaya selama dua minggu berturut-turut dapat mengobati nyeri akibat radang sendi atau Rheumatoid Artritis ini.

14. Sebagai Sumber Asam Amino

Minuman jus lidah buaya mengandung 7 asam amino dari 8 asam amino yang tidak dapat dihasilkan oleh tubuh secara mandiri. Oleh karena itu, dengan mengonsumsi lidah buaya dapat memenuhi kebutuhan asam amino dalam tubuh.

15. Sumber Vitamin dan Mineral

Banyak sekali kandungan lidah buaya yang berguna bagi tubuh kita. Maka dari itu, dengan mengkonsumsi lidah buaya, maka kebutuhan vitamin dan mineral kita akan terpenuhi.


Nah, inilah manfaat lain dari lidah buaya yang tidak bisa dianggap remeh. Kamu dapat mengonsumsinya dengan diolah dengan berbagai cara supaya dapat memperoleh manfaat dari tanaman herbal ini.

Komentar

  1. keren mantap bermanfaat sekali

    BalasHapus
  2. Wah, banyak juga manfaatnya ternyata. Selama ini yang saya tahu untuk kesehatan rambut aja. Nambah ilmu baru nih!

    BalasHapus
  3. Ternyata banyak juga ya manfaatnya. Saya baru tahu beberapa manfaat kayak menhembuhkan luka bakar. Thanks.

    BalasHapus
  4. Yoi gan, makasih atas kunjungannya

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

WOW!! Ini Dia Makanan yang Mengandung Vitamin E, Beberapa Sudah Biasa Kita Konsumsi Lho!

Sebelumnya, kalian pasti sudah tahu manfaat atau peran Vitamin E itu apa saja. Bagi kalian yang belum tahu silahkan buka di Vitamin E: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping Setelah mengetahui manfaat Vitamin E bagi tubuh, kalian pasti bertanya-tanya “lantas apa saja makanan yang memiliki kandungan vitamin e?”. Nah, jika kalian semakin penasaran, mari simak penjelasannya di bawah ini. Makanan yang mengandung Vitamin E 1. Biji Bunga Matahari Siapa nih yang gak kenal dengan kuaci? Yap, ternyata biji bunga matahari atau yang sering kita kenal dengan kuaci ini memiliki kandungan Vitamin E lho. Meskipun kuaci ini ukurannya begitu kecil, namun kandungan Vitamin E didalamnya cukup tinggi lho. 2. Kacang Tanah kacang tanah Tentunya pasti untuk yang satu ini kalian sering memakannya. Ya, ini adalah kacang tanah. Setiap 100 gram kacang tanah panggang kering, mengandung sekitar 4,39 mg Vitamin E. Oh iya, terdapat pula kandungan lain yang dimiliki kacang tanah, seperti magnesium, kal

7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Halo teman-teman, berjumpa lagi dengan HidupHHealthy.com. Apakah kamu sudah berolahraga hari ini? Apakah capek? Atau malah merasa kurang? Olahraga yang baik adalah selama 150 menit dalam seminggu. Nah dalam waktu tersebut kamu dapat membaginya menjadi 3-5 kali agar tidak terlalu berat. Namun, bagi kamu yang mungkin sibuk dan sulit untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga, kamu dapat berolahraga setiap hari cukup 10-15 menit saja dengan gerakan-gerakan pemanasan dan peregangan agar otot-otot kamu tidak kaku saat melakukan pekerjaan. Banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga lho. Bagi kamu yang termasuk kaum rebahan dan jarang sekali berolahraga, cobalah memulai berolahraga. Bandingkan efeknya dengan hanya rebahan sambil ngemil. Sebelum masuk ke inti materi, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud olahraga? Olahraga adalah kegiatan atau aktivitas untuk melatih kemampuan tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani namun juga secara rohani. BACA JUGA: OLAHRAGA RINGAN DAN

Jerawatan? Inilah 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

10 cara menghilangkan jerawat secara alami Manusia mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan. Dimulai dari masa anak-anak, remaja, dewasa, kemudian masa senja. Pada masa remaja, terjadilah perkembangan pesat dari anak-anak menuju dewasa. Dalam masa remaja terjadi suatu perubahan yang biasa dikenal dengan masa pubertas. Laki-laki mengalami berbagai perubahan seperti tumbuh jakun, tumbuh rambut di area tertentu, suara semakin berat, hingga mimpi basah. Sedangkan perempuan mengalami berbagai perubahan seperti suara semakin nyaring/ tinggi, payudara dan pinggul membesar, tumbuh rambut di area tertentu, hingga menstruasi. Tidak bisa dipungkiri pada masa pubertas ini, kebanyakan remaja sering mengalami tumbuh jerawat. Walaupun tidak semua orang, tapi hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya percaya diri. Tentu kita semua ingin memiliki tampilan fisik yang bagus sehingga dapat menambah rasa percaya diri kita. Lantas, bagaimana cara kita agar dapat menghilangkan jerawat? Jerawat (