Langsung ke konten utama

Jerawatan? Inilah 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

inilah cara menghilangkan jerawat secara alami, menggunakan lidah buaya, tomat, madu, uap air panas, dll
10 cara menghilangkan jerawat secara alami

Manusia mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan. Dimulai dari masa anak-anak, remaja, dewasa, kemudian masa senja.

Pada masa remaja, terjadilah perkembangan pesat dari anak-anak menuju dewasa. Dalam masa remaja terjadi suatu perubahan yang biasa dikenal dengan masa pubertas. Laki-laki mengalami berbagai perubahan seperti tumbuh jakun, tumbuh rambut di area tertentu, suara semakin berat, hingga mimpi basah. Sedangkan perempuan mengalami berbagai perubahan seperti suara semakin nyaring/ tinggi, payudara dan pinggul membesar, tumbuh rambut di area tertentu, hingga menstruasi.

Tidak bisa dipungkiri pada masa pubertas ini, kebanyakan remaja sering mengalami tumbuh jerawat. Walaupun tidak semua orang, tapi hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya percaya diri. Tentu kita semua ingin memiliki tampilan fisik yang bagus sehingga dapat menambah rasa percaya diri kita. Lantas, bagaimana cara kita agar dapat menghilangkan jerawat?

Jerawat (acne) adalah gangguan pada kulit yang berhubungan dengan produksi minyak (sebum) berlebih. Jerawat terjadi ketika folikel rambut atau tempat tumbuhnya rambut tersumbat oleh minyak dan sel kulit mati. Hal tersebut menyebabkan peradangan serta penyumbatan pada pori-pori kulit. Peradangan ini ditandai dengan munculnya benjolan kecil (yang terkadang berisi nanah) di atas kulit. Gangguan kulit ini dapat terjadi di bagian tubuh dengan kelenjar minyak terbanyak, yaitu di wajah, leher, bagian atas dada, dan punggung. (dikutip dari www.halodoc.com)

Kebanyakan orang memilih untuk memakai atau mengonsumsi obat-obatan kimia untuk menghilangkan jerawat. Memang obat kimia memiliki reaksi yang lebih cepat ketimbang obat-obat herbal atau obat yang alami. Tapi perlu kamu ketahui, obat-obatan kimia memiliki efek samping yang lebih besar ketimbang obat herbal/ alami.

Nah kali ini saya akan memberikan sedikit informasi mengenai cara menghilangkan jerawat secara alami. Agar tidak penasaran, simak penjelasannya berikut ini.

10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

1. Cuci muka secara rutin

Untuk menghilangkan jerawat secara alami, disarankan untuk membersihkan wajah menggunakan sabun berbahan lembut secara rutin. Ingat, membersihkan wajah secara rutin, bukan sering. Biasakan untuk membersihkan wajah dua kali sehari, dan jangan lupa membersihkan wajah setelah menggunakan make-up dan berolahraga.

2. Menggunakan Es Batu

Es mampu  membantu mengurangi peradangan pada jerawat. Caranya, bungkus es dengan kain atau bisa dengan plastik bersih, tempelkan pada kulit yang berjerawat selama satu menit. Dengan cara ini, suhu dingin dari es mampu mengurangi kemerahan dan pembengkakan pada jerawat.

3. Menggunakan Mentimun


Selain dapat mengatasi pembengkakan pada mata, mentimun juga mampu membantu mengurangi pembengkakan, peradangan pada jerawat, dan memberikan efek dingin pada kulit wajah. Agar perawatan yang dijalani membuahkan hasil yang maksimal, perbaiki juga pola hidup dengan menerapkan pola makan sehat, istirahat yang cukup, berolahraga secara teratur, dan menghindari stres. Karena salah satu faktor munculnya jerawat yaitu stres.

4. Menggunakan Putih telur

Putih telur tidak hanya membantu mengurangi peradangan pada jerawat, tetapi juga mampu mengencangkan kulit dan mengontrol produksi minyak pada kulit. Untuk memanfaatkan putih telur sebagai masker jerawat, kamu hanya perlu mengoleskan putih telur ke  area yang berjerawat, lalu diamkan selama 10 menit. Setelah itu, bilas dengan air hingga bersih.

5. Menggunakan Madu


Cara menghilangkan jerawat secara alami berikutnya adalah dengan menggunakan masker madu. Madu dapat menjaga bakteri baik yang ada di kulit sekaligus mempercepat proses penyembuhan jerawat.

Cara menggunakan masker madu untuk melawan jerawat, pertama campurkan 3 sendok makan madu  dengan satu sendok makan kayu manis. Lalu masukkan ke dalam microwave selama 30 detik dan diamkan sebentar. Setelah tidak terlalu panas, oleskan masker pada wajah secara merata. Biarkan selama 10 menit, kemudian bilas hingga bersih.

6. Menggunakan Tomat


Sayur yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi untuk digunakan dalam perawatan kulit. Selain dapat mengencangkan kulit, tomat juga dapat digunakan untuk mengobati jerawat. Hal itu disebabkan tomat mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk tubuh maupun kulit.

Cara mengobati jerawat dengan tomat yang adalah:

  1. Sediakan tomat yang matang yang berwarna orange kemerahan.
  2. Potong tomat tersebut secara tipis-tipis dan tempelkan pada wajah di bagian yang berjerawat.
  3. Biarkan selama 10 sampai 15 menit.
  4. Lakukan hal tersebut secara rutin agar jerawat bisa segera hilang.


 7. Menggunakan Lidah Buaya


Lidah buaya banyak mengandung zat besi, zat aktif dan vitamin A serta D yang dapat membantumu untuk mengatasi masalah jerawat beserta bekasnya. Selain itu lidah buaya juga dapat mengatasi rambut rontok.

Cara Penggunaanya:

  1. Potong terlebih dahulu lidah buaya menjadi 2 atau 4 bagian kemudian hilangkan duri pada lidah buaya yang berada di samping kanan dan kiri.
  2. Setelah itu kupaslah bagian lainnya untuk mengambil gel atau daging dari lidah buaya.
  3. Hasil gel tadi letakan di wadah kemudian haluskan dan oleskanlah pada area kulit yang berjerawat.
  4. Setelah itu diamkan 4 – 6 menit dan 
  5. Bilas dengan air bersih.

8. Menggunakan Lemon


Cara berikutnya adalah menggunakan buah Lemon. Lemon mengandung Asam alpha dan askorbat-L yang bisa mengurangi peradangan pada kulitmu yang berjerawat serta dapat membantu membersihkan pori – pori wajah kamu yang tersumbat.

Selain itu Lemon sudah lama dikenal sebagai penghilang noda/bintik hitam pada wajah dan sebagai salah satu bahan untuk memutihkan wajah yang alami.

Cara penggunaannya: 

  1. Siapkan satu buah lemon segar kemudian potong menjadi dua bagian, yang masing – masing bagiannya kemudian diperas.
  2. Dari hasil perasan lemon, oleskan pada wajah kamu yang berjerawat setelah itu diamkan selama sekitar 110-15 menit
  3. Kemudian basuh dengan air yang bersih dan segar dan keringkan menggunakan handuk.

Jika lemon cocok untuk wajah kamu lakukan perawatan menggunakan lemon ini dengan rutin. Selain itu lemon juga dapat membantumu untuk menghilangkan komedo.

9. Menggunakan Uap Air Panas

Uap air panas memiliki efek yang luar biasa untuk mengatasi permasalahan pada kulit. Apalagi bagi kamu yang sedang mengalami jerawatan. Uap air panas mampu membantu kulitmu bernafas dengan membuka pori-pori kulit. Dengan ini, minyak, kotoran, bakteri, dan kuman yang terjebak di dalam pori-pori yang dapat menimbulkan infeksi atau pembengkakan dapat dibersihkan sehingga membantu mengatasi permasalahan kulit berjerawat.

Caranya, isilah wadah air (mangkuk, baskom, atau wadah lain)dengan air panas. Setelah itu tempatkan wajahmu di atas wadah agar dapat terkena uap panas. Lakukan selama 10-15 menit. Jangan lupa untuk menutup mata untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Setelah selesai, bilas wajah dengan air dingin agar pori-pori kembali tertutup dan keringkan dengan handuk yang bersih. Lalu oleskan minyak pelembab pada wajah. Lakukan cara tersebut secara rutin agar terlihat perkembangannya.

10. Menggunakan Kulit Jeruk

Kulit jeruk sangat efektif untuk menghilangkan jerawat dalam semalam dan cepat. Zat vitamin C dalam jeruk menjadikannya obat yang sempurna dan sangat efektif untuk menghilangkan jerawat dan bekas jerawat.

Caranya, ambil kulit jeruk dan keringkan di bawah sinar matahari. Setelah kering, kamu harus menghaluskan kulit kering dan buat hingga membentuk seperti bedak halus. Campurkan beberapa tetes air mawar dengan bubuk kulit jeruk dan buat pasta halus. Sekarang, cuci tangan sebelum menyentuh kulitmu, karena tangan kotor dapat menyebarkan bakteri pada kulit. Kemudian cucilah muka dengan air hangat karena ini dapat membantumu untuk membuka pori-pori kulit wajahmu. Oleskan pasta pada area yang terkena dan biarkan kering selama 15-20 menit lalu cuci dengan air bersih.

Kamu dapat menggunakan kulit jeruk segar tanpa harus dikeringkan. Caranya, ambilah beberapa kulit jeruk dan gosok secara perlahan kulit jeruk di daerah yang terdapat jerawat. Kamu perlu menggunakan kulit jeruk yang berbeda untuk setiap jerawat yang ada pada kulitmu, hal ini bertujuan untuk menghindari penyebaran bakteri. Umumnya, ada risiko infeksi bakteri yang tinggi dari satu daerah ke area lainnya, jika kamu menggunakan kulit jeruk yang sama.


Nah, itulah beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghilangkan jerawat secara alami. Namun jika kamu mengalami gatal-gatal atau efek samping lain setelah menggunakan salah satu dari cara di atas, maka segera hentikanlah agar tidak bertambah parah. Berkonsultasilah dengan dokter supaya kamu diberikan alternatif lain untuk menghilangkan jerawat.

Referensi:
www.alodokter.com
www.halodoc.com
dewidelya.blogspot.com

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WOW!! Ini Dia Makanan yang Mengandung Vitamin E, Beberapa Sudah Biasa Kita Konsumsi Lho!

Sebelumnya, kalian pasti sudah tahu manfaat atau peran Vitamin E itu apa saja. Bagi kalian yang belum tahu silahkan buka di Vitamin E: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping Setelah mengetahui manfaat Vitamin E bagi tubuh, kalian pasti bertanya-tanya “lantas apa saja makanan yang memiliki kandungan vitamin e?”. Nah, jika kalian semakin penasaran, mari simak penjelasannya di bawah ini. Makanan yang mengandung Vitamin E 1. Biji Bunga Matahari Siapa nih yang gak kenal dengan kuaci? Yap, ternyata biji bunga matahari atau yang sering kita kenal dengan kuaci ini memiliki kandungan Vitamin E lho. Meskipun kuaci ini ukurannya begitu kecil, namun kandungan Vitamin E didalamnya cukup tinggi lho. 2. Kacang Tanah kacang tanah Tentunya pasti untuk yang satu ini kalian sering memakannya. Ya, ini adalah kacang tanah. Setiap 100 gram kacang tanah panggang kering, mengandung sekitar 4,39 mg Vitamin E. Oh iya, terdapat pula kandungan lain yang dimiliki kacang tanah, seperti magnesium, kal

7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Halo teman-teman, berjumpa lagi dengan HidupHHealthy.com. Apakah kamu sudah berolahraga hari ini? Apakah capek? Atau malah merasa kurang? Olahraga yang baik adalah selama 150 menit dalam seminggu. Nah dalam waktu tersebut kamu dapat membaginya menjadi 3-5 kali agar tidak terlalu berat. Namun, bagi kamu yang mungkin sibuk dan sulit untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga, kamu dapat berolahraga setiap hari cukup 10-15 menit saja dengan gerakan-gerakan pemanasan dan peregangan agar otot-otot kamu tidak kaku saat melakukan pekerjaan. Banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga lho. Bagi kamu yang termasuk kaum rebahan dan jarang sekali berolahraga, cobalah memulai berolahraga. Bandingkan efeknya dengan hanya rebahan sambil ngemil. Sebelum masuk ke inti materi, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud olahraga? Olahraga adalah kegiatan atau aktivitas untuk melatih kemampuan tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani namun juga secara rohani. BACA JUGA: OLAHRAGA RINGAN DAN