Langsung ke konten utama

17 Manfaat Lidah Buaya untuk Wajah dan Rambut

Sejak dahulu, tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Lalu, apa saja manfaat lidah buaya bagi kesehatan kulit wajah dan kesehatan rambut? Berikut penjelasannya.
Manfaat lidah buaya untuk wajah dan rambut (pixabay.com)

Sejak dahulu, tanaman lidah buaya dikenal sebagai tanaman herbal yang banyak digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan dan kecantikan. Lalu, apa saja manfaat lidah buaya bagi kesehatan kulit wajah dan kesehatan rambut? Berikut penjelasannya.

Lidah buaya memiliki nama latin Aloe vera adalah spesies tumbuhan dengan daun berdaging tebal dari genus Aloe. Tumbuhan ini bersifat menahun, berasal dari Jazirah Arab, dan tanaman liarnya telah menyebar ke kawasan beriklim tropis, semi-tropis, dan kering di berbagai belahan dunia. Tanaman lidah buaya banyak dibudidayakan untuk pertanian, pengobatan, dan tanaman hias, dan dapat juga ditanam di dalam pot.

Lidah buaya diketahui memiliki banyak khasiat bagi kulit dan rambut. Itulah sebabnya, lidah buaya umum dipakai sebagai bahan berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya dalam bentuk gel ataupun ekstrak sering ditambahkan ke dalam sabun, sampo, losion, ataupun krim wajah. Selain itu, lidah buaya juga bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman.
Lidah buaya diketahui memiliki banyak khasiat bagi kulit dan rambut. Itulah sebabnya, lidah buaya umum dipakai sebagai bahan berbagai produk kecantikan dan kesehatan. Lidah buaya dalam bentuk gel ataupun ekstrak sering ditambahkan ke dalam sabun, sampo, losion, ataupun krim wajah. Selain itu, lidah buaya juga bisa dikonsumsi dalam bentuk makanan atau minuman.
Manfaat lidah buaya untuk kesehatan wajah dan rambut (pixabay.com)


Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Kulit Wajah

Berbagai manfaat lidah buaya untuk kesehatan dan kecantikan kulit wajah adalah:

1. Melembapkan kulit

Apa pun jenis kulit kamu, pelembap tetap diperlukan untuk melindungi dan menjaga kesehatan kulit. Lidah buaya mengandung zat polisakarida dan sterol yang dapat membantu mempertahankan kelembapan kulit.

2. Mempercepat penyembuhan luka

Lidah buaya mampu mempercepat penyembuhan luka di kulit. Kandungan kalsium dan antioksidan pada lidah buaya dapat mempercepat pembelahan sel-sel keratinosit (sel penghasil zat keratin di kulit) dan memperkuat jaringan kulit.

3. Membantu menghaluskan permukaan kulit

Percepatan pembelahan sel-sel keratinosit juga akan menghaluskan permukaan kulit. Manfaat lidah buaya yang satu ini dapat membantu pengangkatan sel-sel kulit mati, untuk digantikan dengan sel-sel kulit baru yang sehat dan kuat.

4. Mengandung antioksidan dan nutrisi bagi kulit

Berbagai vitamin yang terkandung dalam lidah buaya, seperti vitamin A, C, dan E, merupakan antioksidan yang mampu menangkal serangan radikal bebas akibat paparan asap dan polusi udara pada wajah. Tidak hanya itu, lidah buaya juga mengandung berbagai enzim yang dapat mencegah penuaan dini pada kulit.

5. Membantu meredakan radang dan gatal

Di bagian dalam daun lidah buaya terkandung zat yang memiliki khasiat antiradang dan antimikroba. Khasiat ini berguna untuk meredakan keluhan pada kulit dengan masalah jerawat, dermatitis (eksim), iritasi setelah terpapar sinar matahari, dan psoriasis.

6. Mencerahkan Wajah

Kulit wajah cerah bisa kamu peroleh dengan cara menjadikan daging lidah buaya sebagai masker harian. Enzim yang terkandung pada lidah buaya dapat mencerahkan kulit, membuatnya tidak kusam, dan melembutkan kulit yang kasar.

7. Menghilangkan Bintik Hitam pada Wajah

Mengoleskan lidah buaya pada wajah juga dapat membantu menghilangkan bintik hitam dan flek. Bagi sebagian orang, munculnya tanda ini mungkin akan sedikit mengganggu dan merusak penampilan. Namun, mengoleskan lidah buaya secara teratur ternyata bisa membantu mengurangi masalah ini.  Cobalah untuk mengoleskan gel lidah buaya secara teratur, setidaknya dua kali dalam satu hari.

8. Sebagai krim cukur alami

Manfaat lain dari lidah buaya yang bisa Anda rasakan adalah sebagai krim cukur alami. Tanaman ini sekaligus dapat berperan sebagai pelembap kulit. Selain itu, lidah buaya juga memiliki kandungan antibakteri yang baik untuk kulit.

9. Pembersih make up alami

Karena teksturnya yang lembut dan konsistensinya serupa gel, lidah buaya dapat digunakan sebagai pembersih make up alami. Gunakan bagian daging lidah buaya dan bersihkan, lalu haluskan. Dengan handuk yang berbahan lembut, oleskan gel lidah buaya ke wajah untuk membersihkan sekaligus melembabkan kulit. Namun perlu diingat, bahwa ada sebagian orang sensitif terhadap lidah buaya. Jadi, berhati-hatilah dalam menggunakannya.

Manfaat Lidah Buaya untuk Kesehatan Rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut tentunya sudah tidak perlu diragukan lagi. Salah satu buktinya adalah banyak ditemukannya produk perawatan rambut yang berbahan dasar lidah buaya. Tapi selain menggunakan produk perawatan rambut untuk lidah buaya, sebenarnya kita juga bisa langsung menggunakan tanaman lidah buaya untuk rambut sebagai perawatan sehari-hari.

Perawatan menggunakan lidah buaya langsung tentunya akan lebih aman dan kandungan asli dari lidah buaya juga akan lebih terjaga. Berikut adalah beberapa manfaat yang bisa Anda rasakan jika melalukan perawatan lidah buaya untuk rambut:

1. Merangsang pertumbuhan rambut

Manfaat lidah buaya untuk rambut yang pertama adalah dapat merangsang pertumbuhan rambut. Kandungan vitamin dan mineral dalam lidah buaya dipercaya dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut.

Lidah buaya untuk rambut juga aman digunakan untuk bayi dan anak-anak. Jadi Anda sebagai orang tua tidak perlu bingung untuk memilih perawatan rambut untuk anak karena lidah buaya yang sangat mudah didapat ini bisa menjadi pilihan Anda.

2. Mencegah rambut rontok

Kerontokan rambut adalah masalah rambut yang cukup meresahkan. Dalam beberapa kasus, kerontokan rambut yang sangat parah juga bisa menyebabkan kebotakan. Maka dari itu, masalah kerontokan rambut tidak bisa dibiarkan begitu saja.

Selain merangsang pertumbuhan rambut, lidah buaya juga memiliki manfaat untuk mencegah kerontokan. Hal ini tentunya karena lidah buaya tidak hanya merangsang pertumbuhan rambut, tapi juga menutrisi kulit kepala dan rambut sehingga rambut juga menjadi lebih kuat.

3. Memperbaiki rambut rusak

Rambut rusak umumnya ditandai dengan dengan kondisi rambut yang kering, kasar, dan bercabang. Hal ini dapat disebabkan oleh paparan sinar matahari, penggunaan produk perawatan rambut yang tak tepat, hingga terlalu sering menata rambut.

Anda bisa mengurangi kondisi rambut rusak dengan mengoleskan lidah buaya. Kandungan vitamin dan kolagen yang tinggi di dalam lidah buaya diyakini dapat memperbaiki kerusakan rambut.

Tetapi untuk rambut bercabang, sebaiknya potong rambut bagian bawah untuk menghilangkannya. Lidah buaya dapat membantu rambut yang bercabang tidak muncul lagi setelahnya.

4. Mengatasi rambut berminyak

Tidak hanya dapat mengatasi rambut rusak, lidah buaya juga bisa mengatasi masalah rambut lepek. Sama halnya perawatan kecantikan dengan lidah buaya yang dapat dilakukan untuk semua jenis kulit. Perawatan lidah buaya untuk rambut juga cocok untuk semua jenis rambut.

Rambut lepek atau terlalu berminyak adalah disebabkan produksi minyak berlebih di kepala. Lidah buaya dapat mengontrol produksi minyak berlebih tersebut tanpa membuat kulit kepala menjadi kering dan menyebabkan masalah lainnya.

5. Mengembalikan warna rambut

Rambut yang rusak terkadang tidak hanya ditandai dengan rambut kering, kasar, dan bercabang, tapi sebagian orang juga merasakan hilangnya warna asli rambut. Bagi orang Indonesia yang mayoritas memiliki pigmen rambut berwarna hitam, pudarnya warna rambut biasanya akan membuat warna rambut berubah menjadi kemerahan atau kekuningan.

Kondisi ini tentunya amat mengganggu dan mengesankan rambut yang kurang sehat. Merawat rambut dengan lidah buaya secara rutin dapat membantu Anda mengembalikan warna asli dan kilau rambut Anda.

6. Mengatasi ketombe

Ketombe bisa disebabkan oleh berbagai faktor, salah satunya adala dermatitis seboroik. Pemicu dermatitis ini bisa bermacam-macam, termasuk juga akibat bakteri dan jamur. Lidah buaya yang memiliki sifat antibakteri dan antiinflamasi dapat membantu untuk mengatasi masalah ini.

Ketika mengaplikasikan lidah buaya, terdapat cooling sensation yang akan Anda rasakan di kulit kepala sehingga kepala yang terasa gatal akibat ketombe pun akan lebih tenang dan nyaman.

7. Menutrisi alis dan bulu mata

Manfaat lidah buaya untuk rambut selanjutnya adalah untuk menutrisi bulu mata dan alis. Setiap masalah yang dialami rambut di kepala mulai dari ketombe hingga kerontokan juga bisa dialami alis dan bulu mata. Maka dari itu, menjaga kesehatan alis dan bulu mata juga menjadi hal yang sangat penting.

Aplikasikan gel lidah buaya setiap hari pada bagian alis dan bulu mata dengan hati-hati untuk mndapatkan bulu mata yang lebih subur, kuat, tebal, dan juga sehat.

8. Memperkuat helaian rambut

Kandungan vitamin A, C, dan E dalam lidah buaya berperan dalam memperkuat sel-sel rambut. Inilah manfaat lidah buaya untuk rambut lainnya. Selain membuat rambut tampak berkilau, helai-helainya pun tidak mudah patah.

Namun perlu diingat, tidak semua orang cocok dengan lidah buaya. Jika muncul ruam kemerahan, gatal, atau perih pada kulit setelah diolesi lidah buaya, kemungkinan kamu mengalami iritasi atau alergi. Segera bilas dan hentikan penggunaan produk. Bila perlu, berkonsultasilah dengan dokter kulit untuk mendapatkan pengobatan dan saran penggunaan lidah buaya yang aman. Selain itu, lidah buaya yang diminum atau dimakan dalam bentuk obat maupun asupan harian, bisa memberikan efek pencahar, membuat perut menjadi kram dan mengakibatkan diare.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

WOW!! Ini Dia Makanan yang Mengandung Vitamin E, Beberapa Sudah Biasa Kita Konsumsi Lho!

Sebelumnya, kalian pasti sudah tahu manfaat atau peran Vitamin E itu apa saja. Bagi kalian yang belum tahu silahkan buka di Vitamin E: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping Setelah mengetahui manfaat Vitamin E bagi tubuh, kalian pasti bertanya-tanya “lantas apa saja makanan yang memiliki kandungan vitamin e?”. Nah, jika kalian semakin penasaran, mari simak penjelasannya di bawah ini. Makanan yang mengandung Vitamin E 1. Biji Bunga Matahari Siapa nih yang gak kenal dengan kuaci? Yap, ternyata biji bunga matahari atau yang sering kita kenal dengan kuaci ini memiliki kandungan Vitamin E lho. Meskipun kuaci ini ukurannya begitu kecil, namun kandungan Vitamin E didalamnya cukup tinggi lho. 2. Kacang Tanah kacang tanah Tentunya pasti untuk yang satu ini kalian sering memakannya. Ya, ini adalah kacang tanah. Setiap 100 gram kacang tanah panggang kering, mengandung sekitar 4,39 mg Vitamin E. Oh iya, terdapat pula kandungan lain yang dimiliki kacang tanah, seperti magnesium, kal

7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Halo teman-teman, berjumpa lagi dengan HidupHHealthy.com. Apakah kamu sudah berolahraga hari ini? Apakah capek? Atau malah merasa kurang? Olahraga yang baik adalah selama 150 menit dalam seminggu. Nah dalam waktu tersebut kamu dapat membaginya menjadi 3-5 kali agar tidak terlalu berat. Namun, bagi kamu yang mungkin sibuk dan sulit untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga, kamu dapat berolahraga setiap hari cukup 10-15 menit saja dengan gerakan-gerakan pemanasan dan peregangan agar otot-otot kamu tidak kaku saat melakukan pekerjaan. Banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga lho. Bagi kamu yang termasuk kaum rebahan dan jarang sekali berolahraga, cobalah memulai berolahraga. Bandingkan efeknya dengan hanya rebahan sambil ngemil. Sebelum masuk ke inti materi, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud olahraga? Olahraga adalah kegiatan atau aktivitas untuk melatih kemampuan tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani namun juga secara rohani. BACA JUGA: OLAHRAGA RINGAN DAN

Jerawatan? Inilah 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

10 cara menghilangkan jerawat secara alami Manusia mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan. Dimulai dari masa anak-anak, remaja, dewasa, kemudian masa senja. Pada masa remaja, terjadilah perkembangan pesat dari anak-anak menuju dewasa. Dalam masa remaja terjadi suatu perubahan yang biasa dikenal dengan masa pubertas. Laki-laki mengalami berbagai perubahan seperti tumbuh jakun, tumbuh rambut di area tertentu, suara semakin berat, hingga mimpi basah. Sedangkan perempuan mengalami berbagai perubahan seperti suara semakin nyaring/ tinggi, payudara dan pinggul membesar, tumbuh rambut di area tertentu, hingga menstruasi. Tidak bisa dipungkiri pada masa pubertas ini, kebanyakan remaja sering mengalami tumbuh jerawat. Walaupun tidak semua orang, tapi hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya percaya diri. Tentu kita semua ingin memiliki tampilan fisik yang bagus sehingga dapat menambah rasa percaya diri kita. Lantas, bagaimana cara kita agar dapat menghilangkan jerawat? Jerawat (