Langsung ke konten utama

Vitamin E: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping

sumber: sehatq.com

Halo semua kembali lagi  bersama HidupHHealthy,

Kalian semua pasti sudah tahu bahwa ada banyak sekali jenis vitamin, baik yang terkandung di dalam buah, sayuran, atau makanan lainnya. Nah, kali ini HidupHHealthy akan membahas tentang Vitamin E.

Lantas, apa itu Vitamin E?
Vitamin E merupakan nama umum untuk dua kelas molekul  yaitu tocopherol dan tocotrienol yang mempunyai aktivitas Vitamin E dalam nutrisi.

Sekedar informasi, Vitamin E pertama kali ditemukan oleh Dr. H.M Evans dari California pada tahun 1922 melalui penelitiannya untuk mempertahankan kehamilan normal tikus betina. (sumber: wikipedia)

Selanjutnya, apa aja sih kegunaan , fungsi, atau manfaat dari Vitamin E ini? Vitamin E sangat bermanfaat bagi kesehatan kita seperti memelihara kesehatan kulit, kesuburan organ reproduksi,sel darah, mata, dan otak. Vitamin E alami terdapat pada makanan yang telah kita konsumsi sehari-hari.

Untuk Lebih jelas, yuk kita simak penjelasan manfaat Vitamin E berikut.

BACA JUGA: KHASIAT DAUN BIDARA

Manfaat Vitamin E

1. Vitamin E sebagai Antioksidan untuk Penangkal Radikal Bebas
Radikal bebas sangat berbahaya bagi kesehatan tubuh karena dapat merusak sel tubuh sekaligus dapat memicu timbulnya berbagai penyakit kronis seperti, kanker dan kelainan jantung. Untuk itu, mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E dapat mencegah terjadinya penuaan sel.

2. Vitamin E untuk Menjaga Keseimbangan Hormon
Manfaat lain dari Vitamin E adalah untuk keseimbangan sistem endokrin dan saraf karena dapat menyeimbangkan sistem hormon. Beberapa gejala tidak seimbangnya hormon antara lain kenaikan berat badan, infeki saluran kemih, sakit perut akibat menstruasi, alergi, dan kecemasan berlebihan.
Jika kalian tidak ingin mengalami kejadian-kejadian seperti contoh di atas, dapat dilakukan dengan mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E.

3. Untuk Kesehatan Mata
Ternyata Vitamin E mampu membantu menjaga kesehtan mata untuk wanktu yang lama. Hal ini berdasarkan hasil penelitian dari Departement of Epidemology and Health Statistics yang dilakukan oleh Qingdao University Medical College telah menemukan bahwa asupan Vitamin E dan tingkat serum Tokoferol yang tinggi mampu mengurangi risiko terjadinya penyakit katarak bagi orang yang berusia lanjut.

4. Sebagai Nutrisi Penting Penunjang Kehamilan dan Perkembangan Janin
Vitamin E memiiki peran penting terhadap kehamilan dan perkembangan janin. Vitamin E berfungsi untuk melindungi asam lemak kritis pada janin serta memiliki dampak positif terhadap awal perkembangan sistem saraf dan otak. Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi ibu hamil untuk mengonsumsi makanan yang mengandung Vitamin E untuk menghindari terjadinya kelainan pada janin.

5. Dapat Membantu Menurunkan Risiko Penyakit Alzheimer
Vitamin E berperan dalam memperlambat penurunan fungsi otak dan kehilangan memori. Di dalam Vitamin E, selain terdapat tokoferol  ternyata juga terdapat senyawa tokotrienol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa antiinflamasi pada tokotrienol  berperan terhadap pencegahan penyakit Alzheimer. Dengan mengonsumsi Vitamin E dibarengi dengan Vitamin C juga dapat mengurangi risiko demensia.

6. Dapat Mencegah Rambut Rontok
Vitamin E dapat mencegah rontoknya rambut dikarenakan adanya kandungan Vitamin E yang mencegah oxidative stress pada kulit kepala.

7. Menjaga Kelembaban Kulit Kepala
Vitamin E dapat menyerap minyak yang berlebih pada kulit kepala. Hal itu menjadikan Vitamin E berperan aktif dalam menjaga kelembaban kulit kepala.

Itu dia berbagai manfaat dari Vitamin E bagi kesehatan tubuh. Hal itu dapat terpenuhi jika kita mengonsumsinya dengan dosis yang tepat. Berikut ini kebutuhan Vitamin E bagi orang yang normal dalam harian.
Usia                         AKG per hari
0-6 bulan                     4 mg
7-12 bulan                     5 mg
1-3  tahun                     6 mg
4-8 tahun                     7 mg
9-13 tahun                   11 mg
14-18 tahun                  15 mg
Dewasa                         15 mg
Ibu hamil                      15 mg
Ibu menyusui              19 mg

BACA JUGA: BEGINI CARA MENINGKATKAN SISTEM IMUN

Jarang sekali Vitamin E menyebabkan efek samping. Jika hal ini terjadi berarti terjadi kesalahan dalam mengonsumsi Vitamin E (terlalu berlebihan). Beberapa efek samping yang mungkin terjadi jika mengonsumsi Vitamin E secara berlebihan yaitu:
Mual
Diare
Kram perut
Sakit kepala
Tubuh lemas
Ruam pada kulit
Gangguan penglihatan

Jika terjadi hal-hal seperti di atas, segera konsultasi ke dokter agar diberikan penanganan yang cepat dan tepat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WOW!! Ini Dia Makanan yang Mengandung Vitamin E, Beberapa Sudah Biasa Kita Konsumsi Lho!

Sebelumnya, kalian pasti sudah tahu manfaat atau peran Vitamin E itu apa saja. Bagi kalian yang belum tahu silahkan buka di Vitamin E: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping Setelah mengetahui manfaat Vitamin E bagi tubuh, kalian pasti bertanya-tanya “lantas apa saja makanan yang memiliki kandungan vitamin e?”. Nah, jika kalian semakin penasaran, mari simak penjelasannya di bawah ini. Makanan yang mengandung Vitamin E 1. Biji Bunga Matahari Siapa nih yang gak kenal dengan kuaci? Yap, ternyata biji bunga matahari atau yang sering kita kenal dengan kuaci ini memiliki kandungan Vitamin E lho. Meskipun kuaci ini ukurannya begitu kecil, namun kandungan Vitamin E didalamnya cukup tinggi lho. 2. Kacang Tanah kacang tanah Tentunya pasti untuk yang satu ini kalian sering memakannya. Ya, ini adalah kacang tanah. Setiap 100 gram kacang tanah panggang kering, mengandung sekitar 4,39 mg Vitamin E. Oh iya, terdapat pula kandungan lain yang dimiliki kacang tanah, seperti magnesium, kal

Begini Cara Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh merupakan suatu sistem perlindungan secara biologis yang ada di dalam tubuh manusia dengan tujuan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang sehingga seorang individu akan terhindar dari penyakit. Apabila sistem ini dapat bekerja dengan baik, maka seseorang akan terhindar dari serangan virus ataupun bakteri, bahkan dapat mencegah dari serangan kanker. Akan tetapi, apabila sistem ini tidak bekerja dengan baik atau dalam kondisi yang lemah, maka kekebalan tubuh individu tersebut akan mudah terserang penyakit. Hal yang ditakutkan ketika sistem kekebalan tubuh melemah adalah dapat meingkatkan resiko terserang penyakit kanker. Fungsi Sistem Imun: - sistem pertahanan - keseimbangan homeostatis - perbaikan jaringan Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stress, serta mengonsumsi suplemen untuk menambah daya imun tubuh. Menerapkan Pola Hidup Sehat Agar

7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Halo teman-teman, berjumpa lagi dengan HidupHHealthy.com. Apakah kamu sudah berolahraga hari ini? Apakah capek? Atau malah merasa kurang? Olahraga yang baik adalah selama 150 menit dalam seminggu. Nah dalam waktu tersebut kamu dapat membaginya menjadi 3-5 kali agar tidak terlalu berat. Namun, bagi kamu yang mungkin sibuk dan sulit untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga, kamu dapat berolahraga setiap hari cukup 10-15 menit saja dengan gerakan-gerakan pemanasan dan peregangan agar otot-otot kamu tidak kaku saat melakukan pekerjaan. Banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga lho. Bagi kamu yang termasuk kaum rebahan dan jarang sekali berolahraga, cobalah memulai berolahraga. Bandingkan efeknya dengan hanya rebahan sambil ngemil. Sebelum masuk ke inti materi, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud olahraga? Olahraga adalah kegiatan atau aktivitas untuk melatih kemampuan tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani namun juga secara rohani. BACA JUGA: OLAHRAGA RINGAN DAN