Langsung ke konten utama

Jadi Ini Khasiat Daun Bidara Yang Belum Banyak Orang Ketahui

sumber gambar: 99.co

Indonesia merupakan negara yang dikenal dengan keberagaman sumber daya alamnya baik tumbuhan maupun hewan karena wilayah Indonesia memiliki iklim yang sangat mendukung. Salah satu jenis tanamannya yaitu Bidara.

Tanaman bidara dapat hidup di wilayah yang memiliki curah hujan 300 sampai 500 mm pertahun. Tanaman ini dapat tumbuh pada ketinggian hingga 1000 meter di atas permukaan laut. Tanaman Bidara akan tumbuh dengan baik pada daerah yang memiliki musim kering yang stabil.

Karakteristik dari tanaman ini yaitu memiliki daun yang berwarna hijau dan memiliki bentuk tepi bulat, tetapi pada bagian ujung  lojong. Daun Bidara memiliki 3 tuang daun sejajar. Daun bidara tumbuh berpasangan pada sebuah tangkai dengan panjang 8-15 mm. Daun ini juga diselimuti oleh duri.

Apakah kalian sudah tahu manfaat daun bidara? Apa saja khasiat daun bidara?

Mungkin masih banyak orang yang belum tahu mengenai keberadaan tanaman ini. Memang sangat jarang ditemukan, tidak seperti daun-daun tanaman herbal lain. Tanaman yang memiliki nama latin Ziziphus mauritiana ini dipercaya memiliki khasiat yang sangat baik bagi kesehatan tubuh.

Lantas apa saja manfaat atau khasiat daun bidara ini? Yuk simak penjelasannya di bawah ini.

sumber gambar: idntimes.com

Manfaat Daun Bidara

1. Daun Bidara dapat Melancarkan Haid
Bagi perempuan, tanamn ini sangat cocok untuk mereka.  Sebab, daun ini dipercaya dapat melancarkan haid karena mampu menyeimbangkan hormon yang mengatur siklus haid.
Kalian dapat mengonsumsi ekstraknya untuk dapat merasakan khasiatnya. Selain mengonsumsi ekstraknya, kalian juga dapat mengolah daun ini dengan cara daun dipotong-potong lalu dicuci sampai bersih. Setelah itu rebus daun bidara dengan air matang lalu saring sisa daun dan minum air rebusannya.
2. Mencegah Kanker dan Tumor
Asal kalian tahu, ternyata daun bidara ini memiliki kandungan yang dapat menangkal pertumbuhan sel-sel kanker berbahaya yang juga dapat berisiko tumor.
3. Mengatasi Penyakit Diabetes
Daun bidara memiliki kandungan senyawa yang dapat mengatur sistem pengaturan produksi hormon insulin sehingga membantu dalam mengatasi penyakit diabetes. Kalian dapat mengonsumsi olahan daun bidara yaitu teh daun bidara untuk menstabilkan kadar gula dalam darah.
4. Menghilangkan Jerawat
Ternyata daun bidara mampu menghilangkan jerawat. Caranya yaitu dengan membuat masker daun bidara. Bagaimana caranya? Nah, pertama ambilah beberapa helai daun bidara, cuci, kemudian tumbuklah hingga halus. Tambahkan sedikit air dan campur hingga kental. Lalu oleskan campuran tadi pada wajah yang berjerawat.
5. Untuk Kesehatan Rambut
Daun bidara juga bermanfaat untuk mencegah rambut dari kerusakan  dan kerontokan. Caranya yaitu merebus daun bidara kemudian gunakan air rebusan tersebut sebagai hair tonic untuk merawat rambut dan membuat rambut lebih kuat.
6. Dapat Mempercepat Penyembuhan Luka
Daun bidara mengandung zat antiinflamasi yang berfungsi untuk mempercepat perbaikan sel-sel yang rusak. Sehingga daun bidara dapat digunakan sebagai obat penyembuh luka seperti lecet, tergores, luka akibat jatuh dan lain-lain.
7. Mampu Meredakan Demam
Ekstrak dari daun bidara memiliki sifat antipiretik atau menurunkan suhu tubuh. Kandungan ini lah yang menjadikan daun bidara dapat digunakan sebagai obat alternatif untuk penyakit demam.
8. Mampu Mengurangi Efek Radiasi Sinar Matahari
Khasiat lain dari daun bidara yaitu melindungi sel DNA dari kerusakan akibat paparan sinar matahari. Radiasi sinar matahari dapat menyebabkan penyakit serius seperti Kanker Kulit.
9. Mampu Mengatasi Sembelit
Dalam sebuah studi penelitian membuktikan bahwa daun bidara bermanfaat untuk mengatasi sembelit. Nah, bagi kalian yang sedang mengalami gangguan dalam buang air besar yaitu sembelit, minumlah air rebusan daun bidara secara rutin. Hal ini dapat meredakan masalah pencernaan tersebut.
10. Daun Bidara Mampu Menenangkan Sistem Saraf
Dipercaya bahwa daun bidara mempunyai sifat anticemas dan sedative yang dapat menenangkan saraf, memperbaiki koordinasi, respons, dan kinerja saraf. Sebuah penelitian juga menunjukkan ekstrak daun ini mampu mengobati insomnia, meski masih perlu studi yang lebih dalam lagi.

NOTE
Namun perlu diketahui bahwa, tidak semua orang cocok dengan daun bidara ini karena kondisi setiap individu memiliki perbedaan masing-masing. Jadi kalian harus berkonsultasi kepada dokter terlebih dahulu agar tidak salah memilih obat. Sedikit tambahan, untuk mengonsumsi daun bidara ini berilah rentang waktu jika kalian juga harus meminum obat lain. Karena, pernah ada laporan reaksi serotonin akut ketika mengonsumsi ekstrak daun bidara bersamaan dengan obat yang mengandung venlafaxine. Reaksi ini cukup berbahaya dan dapat menyebabkan kematian.

Itulah sedikit informasi mengenai khasiat/manfaat dari daun bidara. Semoga artikel ini dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi pembaca. Sekian dan terimakasih.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

WOW!! Ini Dia Makanan yang Mengandung Vitamin E, Beberapa Sudah Biasa Kita Konsumsi Lho!

Sebelumnya, kalian pasti sudah tahu manfaat atau peran Vitamin E itu apa saja. Bagi kalian yang belum tahu silahkan buka di Vitamin E: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping Setelah mengetahui manfaat Vitamin E bagi tubuh, kalian pasti bertanya-tanya “lantas apa saja makanan yang memiliki kandungan vitamin e?”. Nah, jika kalian semakin penasaran, mari simak penjelasannya di bawah ini. Makanan yang mengandung Vitamin E 1. Biji Bunga Matahari Siapa nih yang gak kenal dengan kuaci? Yap, ternyata biji bunga matahari atau yang sering kita kenal dengan kuaci ini memiliki kandungan Vitamin E lho. Meskipun kuaci ini ukurannya begitu kecil, namun kandungan Vitamin E didalamnya cukup tinggi lho. 2. Kacang Tanah kacang tanah Tentunya pasti untuk yang satu ini kalian sering memakannya. Ya, ini adalah kacang tanah. Setiap 100 gram kacang tanah panggang kering, mengandung sekitar 4,39 mg Vitamin E. Oh iya, terdapat pula kandungan lain yang dimiliki kacang tanah, seperti magnesium, kal

Begini Cara Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh merupakan suatu sistem perlindungan secara biologis yang ada di dalam tubuh manusia dengan tujuan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang sehingga seorang individu akan terhindar dari penyakit. Apabila sistem ini dapat bekerja dengan baik, maka seseorang akan terhindar dari serangan virus ataupun bakteri, bahkan dapat mencegah dari serangan kanker. Akan tetapi, apabila sistem ini tidak bekerja dengan baik atau dalam kondisi yang lemah, maka kekebalan tubuh individu tersebut akan mudah terserang penyakit. Hal yang ditakutkan ketika sistem kekebalan tubuh melemah adalah dapat meingkatkan resiko terserang penyakit kanker. Fungsi Sistem Imun: - sistem pertahanan - keseimbangan homeostatis - perbaikan jaringan Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stress, serta mengonsumsi suplemen untuk menambah daya imun tubuh. Menerapkan Pola Hidup Sehat Agar

7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Halo teman-teman, berjumpa lagi dengan HidupHHealthy.com. Apakah kamu sudah berolahraga hari ini? Apakah capek? Atau malah merasa kurang? Olahraga yang baik adalah selama 150 menit dalam seminggu. Nah dalam waktu tersebut kamu dapat membaginya menjadi 3-5 kali agar tidak terlalu berat. Namun, bagi kamu yang mungkin sibuk dan sulit untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga, kamu dapat berolahraga setiap hari cukup 10-15 menit saja dengan gerakan-gerakan pemanasan dan peregangan agar otot-otot kamu tidak kaku saat melakukan pekerjaan. Banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga lho. Bagi kamu yang termasuk kaum rebahan dan jarang sekali berolahraga, cobalah memulai berolahraga. Bandingkan efeknya dengan hanya rebahan sambil ngemil. Sebelum masuk ke inti materi, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud olahraga? Olahraga adalah kegiatan atau aktivitas untuk melatih kemampuan tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani namun juga secara rohani. BACA JUGA: OLAHRAGA RINGAN DAN