Langsung ke konten utama

Olahraga Ringan dan Murah yang Dapat Dilakukan di Rumah


Di dalam pola hidup sehat terdapat berbagai cara untuk mewujudkannya seperti makan makanan dan minuman yang bergizi, istirahat yang cukup, berpikir positif dan optimis. Selain itu, kita juga perlu berolahraga agar mendapatkan tubuh yang lebih segar dan bugar.

Kita telah tahu apa itu olahraga dan macam-macam jenisnya. Seperti lari, renang, sepak bola, voli, basket, atletik (lari jarak jauh, menengah dan dekat, lompat jauh, lompat tinggi, dan lain-lain), push up, sit up, pull up, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: MENGENALI POLA HIDUP SEHAT DEMI KUALITAS KESEHATAN

Namun, tidak semua orang dapat melakukan semua jenis olahraga tersebut. Entah itu karena pengaruh kemampuan fisik atau finansial. Tetapi ada beberapa macam olahraga ringan, murah, dan simple untuk dilakukan bahkan dapat dilakukan di rumah kita masing masing.

1. Push up

pixabay.com

Nah bagian pertama tentunya push up. Kita semua sudah tahu bahwa push up tidak memerlukan biaya sepeser pun. Kita hanya perlu pemanasan dan peregangan untuk melakukan olahraga yang satu ini.

Untuk melakukannya, pertama-tama kita ambil posisi tengkurap dengan  tangan di samping kanan dan kiri badan dengan posisi seperti akan mendorong. Posisi kaki lurus dan rapat. Kemudian dorong tubuh sampai terangkat  dengan mempertahankan posisi tubuh tetap lurus dari kepala sampai kaki. Lakukan gerakan ini berulang kali sebanyak yang kalian bisa.

Dengan melakukan push up, otot lengan dapat terlatih dan menjadi semakin kuat. Selain membentuk otot lengan atas, push up dapat membantu membentuk otot dada.

2. Sit up



Yang kedua yaitu sit up. Olahraga yang satu ini juga tidak memerlukan biaya sepeser pun. Dengan diawali pemanasan dan peregangan kita dapat melakukan olahraga yang satu ini.

Pertama, ambil posisi tidur berbaring dengan posisi kaki lurus rapat atau dapat juga ditekuk. Posisikan kedua tangan mengayam dan tempatkan dibelakang kepala. Angkat bagian badan sampai kepala dengan posisi badan tetap lurus dengan kepala. Ulangi gerakan ini berkali-kali sebanyak yang kalian bisa.

Sit up dapat melatih kekuatan otot perut. Sehingga bagi kalian yang ingin memiliki perut sixpack, ini adalah salah satu olahraga yang tepat dilakukan.

3. Pull up

pixabay.com

Untuk olahraga yang satu ini bisa dibilang cukup sulit dilakukan. Perlu latihan bertahap agar terbiasa dengan olahraga ini yaitu pull up. Jika dilihat memang terlihat mudah, namun praktiknya ternyata cukup susah.

Tahap awal, kalian perlu belajar menggantung terlebih dahulu. Lakukan selama 15-20 detik. Jika sudah bisa mulai angkat tubuhmu dengan memfokuskan kekuatan pada lengan atas, otot punggung dan sayap. Lakukan sedikit demi sedikit. Pada tahap ini mungkin diperlukan  waktu berhari-hari bahkan berminggu-minggu, asalkan giat dalam melakukannya pasti akan cepat bisa.

Dengan melakukan olahraga pull up, dapat membantu membentuk otot tubuh bagian atas seperti otot lengan atas, otot punggung dan otot sayap. Pull up juga dapat melatih kekuatan cengkraman tangan.

4. Jalan kaki

pixabay.com

Olahraga yang satu ini tentu semua orang sudah melakukannya. Jalan kaki memang ringan, santai, dan tanpa biaya sepeserpun. Dengan berjalan kaki, kita dapat melatih otot bagian bawah.

Jalan kaki sangat mudah dilakukan namun sulit bagi mereka yang malas untuk melakukannya. Kita dapat berjalan kaki di lingkungan sekitar kita atau mengelilingi kampong. Selain melatih otot, dengan jalan kaki kita bisa menyegarkan mata kita melihat pemandangan sekitar dan menambah teman saat berjumpa dengan orang lain.

5. Lari 

pixabay.com

Olahraga lari sangat digemari bagi anak muda jaman sekarang. Banyak kompetisi lari marathon yang diadakan dari berbagai daerah. Seperti yang kita tahu, olahraga ini sangat mudah, simple dan tentunya tidak memakan biaya. Kita hanya perlu pemanasan, peregangan dan sepatu lari sebagai alas kaki agar nyaman saat lari.

Banyak jenis dari olahraga lari seperti sprint, shuttle run, marathon, dan estafet. Untuk melatih kecepatan bisa dilakukan lari sprint, sedangkan untuk daya tahan dapat dengan melakukan lari marathon.

Jika hanya sebagai latihan, dapat dilakukan dengan lari dengan dibatasi durasi waktu atau target jarak terjauh. Untuk awalan, lebih baik dilakukan lari dengan jarak 1-2 km. Pada jarak tersebut diusahakan dapat lari terus atau jangan sampai lari kemudian berjalan lalu lari lagi. Karena hal ini tidak efektif. Jika sudah terbiasa dengan jarak tersebut, bisa ditambahkan jaraknya sedikit demi sedikit. Setelah terbiasa, lakukan dengan timer. Maksudnya adalah untuk menargetkan dalam waktu sekian harus dapat menumpuh jarak sekian. Hal ini dapat meningkatkan kecepatan lari berdurasi.

Untuk olahraga lari usahakan dilakukan dengan teratur/ rutin supaya otot kaki tidak terasa sakit. Jika terlalu lama tidak melakukan olahraga ini, saat mulai kembali otot-otot kita terutama bagian bawah akan terasa sakit. Maka dari itu usahakan dilakukan secara rutin.

Itu dia beberapa olahraga rumahan yang ringan, murah dan simple untuk dilakukan. Semoga dapat bermanfaat. Selamat berolahraga!

Komentar

Postingan populer dari blog ini

WOW!! Ini Dia Makanan yang Mengandung Vitamin E, Beberapa Sudah Biasa Kita Konsumsi Lho!

Sebelumnya, kalian pasti sudah tahu manfaat atau peran Vitamin E itu apa saja. Bagi kalian yang belum tahu silahkan buka di Vitamin E: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping Setelah mengetahui manfaat Vitamin E bagi tubuh, kalian pasti bertanya-tanya “lantas apa saja makanan yang memiliki kandungan vitamin e?”. Nah, jika kalian semakin penasaran, mari simak penjelasannya di bawah ini. Makanan yang mengandung Vitamin E 1. Biji Bunga Matahari Siapa nih yang gak kenal dengan kuaci? Yap, ternyata biji bunga matahari atau yang sering kita kenal dengan kuaci ini memiliki kandungan Vitamin E lho. Meskipun kuaci ini ukurannya begitu kecil, namun kandungan Vitamin E didalamnya cukup tinggi lho. 2. Kacang Tanah kacang tanah Tentunya pasti untuk yang satu ini kalian sering memakannya. Ya, ini adalah kacang tanah. Setiap 100 gram kacang tanah panggang kering, mengandung sekitar 4,39 mg Vitamin E. Oh iya, terdapat pula kandungan lain yang dimiliki kacang tanah, seperti magnesium, kal

7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Halo teman-teman, berjumpa lagi dengan HidupHHealthy.com. Apakah kamu sudah berolahraga hari ini? Apakah capek? Atau malah merasa kurang? Olahraga yang baik adalah selama 150 menit dalam seminggu. Nah dalam waktu tersebut kamu dapat membaginya menjadi 3-5 kali agar tidak terlalu berat. Namun, bagi kamu yang mungkin sibuk dan sulit untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga, kamu dapat berolahraga setiap hari cukup 10-15 menit saja dengan gerakan-gerakan pemanasan dan peregangan agar otot-otot kamu tidak kaku saat melakukan pekerjaan. Banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga lho. Bagi kamu yang termasuk kaum rebahan dan jarang sekali berolahraga, cobalah memulai berolahraga. Bandingkan efeknya dengan hanya rebahan sambil ngemil. Sebelum masuk ke inti materi, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud olahraga? Olahraga adalah kegiatan atau aktivitas untuk melatih kemampuan tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani namun juga secara rohani. BACA JUGA: OLAHRAGA RINGAN DAN

Jerawatan? Inilah 10 Cara Menghilangkan Jerawat Secara Alami

10 cara menghilangkan jerawat secara alami Manusia mengalami masa pertumbuhan dan perkembangan. Dimulai dari masa anak-anak, remaja, dewasa, kemudian masa senja. Pada masa remaja, terjadilah perkembangan pesat dari anak-anak menuju dewasa. Dalam masa remaja terjadi suatu perubahan yang biasa dikenal dengan masa pubertas. Laki-laki mengalami berbagai perubahan seperti tumbuh jakun, tumbuh rambut di area tertentu, suara semakin berat, hingga mimpi basah. Sedangkan perempuan mengalami berbagai perubahan seperti suara semakin nyaring/ tinggi, payudara dan pinggul membesar, tumbuh rambut di area tertentu, hingga menstruasi. Tidak bisa dipungkiri pada masa pubertas ini, kebanyakan remaja sering mengalami tumbuh jerawat. Walaupun tidak semua orang, tapi hal ini dapat mengakibatkan berkurangnya percaya diri. Tentu kita semua ingin memiliki tampilan fisik yang bagus sehingga dapat menambah rasa percaya diri kita. Lantas, bagaimana cara kita agar dapat menghilangkan jerawat? Jerawat (