Langsung ke konten utama

Manfaat Daun Seledri Untuk Kesehatan



Banyak orang yang mengira bahwa daun seledri hanya digunakan untuk sebatas penyedap masakan saja. Kadang mereka menyisakan daun seledri pada makanannya karena dianggap kurang enak dan tidak begitu penting. Semua itu terjadi karena mereka tidak tahu kandungan asli dalam daun seledri yang sebenarnya sangat baik untuk kesehatan.

Padahal  daun seledri sendiri mudah dibudidayakan dan tidak membutuhkan tempat yang begitu besar. Sayangnya, masih banyak orang yang tidak membudidayakan tanaman ini karena belum sadar akan manfaatnya.

Wah, masa sih daun seledri yang kecil itu banyak manfaatnya. Tuhan itu menciptakan segala sesuatu pasti ada manfaatnya, itu adalah poin utama yang harus kita ingat.

Penasaran? Apa saja sih manfaat daun seledri untuk kesehatan. Yuk simak penjelasannya berikut ini.

Kandungan Daun Seledri

Daun seledri mengandung berbagai macam nutrisi yang baik  untuk kesehatan. Nutrisi yang terkandung dalam daun seledri yaitu:
1. vitamin A, B6, C, K
2. potasium
3. folat
4. flavonoid
5. beta karoten
6. mineral (magnesium, zat besi, natrium)
7. kalium

Manfaat Daun Seledri

Ini dia manfaat dari daun seledri yang sangat baik untuk kesehatan. 
1. Mencegah Kanker
Pada bagian atas tadi telah disebutkan bahwa daun seledri mengandung flavonoid yang disebut luteolin. Para peneliti percaya bahwa luteolin bersifat antikanker sehingga dengan mengonsumsi daun seledri dapat mencegah penyakit kanker. Selain itu, luteolin juga menjadikan sel-sel kanker menjadi lebih rentan terhadap serangan bahan kimia yang digunakan saat terapi
Tuh kan, ternyata daun seledri dapat mencegah terjadinya penyakit mematikan yaitu kanker.
2. Membantu Melindungi Sel Tubuh
Kandungan vitamin C, beta karoten, flavonoid, dan 12 jenis nutrisi antioksidan lainnya lainnya dapat membantu melindungi sel tubuh dari kerusakan. Daun seledri mengandung antioksidan penting yang dapat melindungi sel, pembuluh darah, dan organ dari radikal bebas dan kerusakan oksidatif.
3. Dapat Mengurangi Peradangan
Ternyata daun seledri bermanfaat untuk mengurangi peradangan. Daun seledri mengandung sekitar 25 senyawa antiradang yang dapat melindungi tubuh dari gangguan peradangan.
Dengan mengonsumsi daun seledri secara rutin, dipercaya dapat mengurangi risiko peradangan. Bahkan, daun seledri juga dipercaya dapat mengatasi asam urat.
4. Daun Seledri dapat Menetralkan Makanan Asam
Berbagai kandungan mineral dalam daun seledri seperti, magnesium, zat besi, dan natrium menjadikan daun seledri mampu menetralkan makanan yang bersifat asam yang Anda konsumsi sehingga sangat baik untuk penderita maag.
5. Mampu Menjaga Kesehatan Pencernaan
Manfaat lain dari daun seledri yaitu untuk menjaga kesehatan pencernaan. Senyawa yang disebut sebagai apiuman dalam seledri terbukti dapat mengurangi sakit maag serta dapat memperbaiki lapisan lambung. Selain itu, kandungan air serta serat larut maupun tidak larut yang tinggi dapat menjaga kesehatan saluran pencernaan.
6. Membantu Diet
Dengan mengonsumsi seledri secara rutin dipercaya dapat membantu menurunkan berat badan. Dalam satu seledri berukuran sedang hanya mengandung 6 kalori dan 1,2 gram karbohidrat. Pada satu cangkir (100 gram) potongan seledri mengandung 1,6 gram serat. Hal ini lah yang membuat seledri dapat membantu menurunkan berat badan, dapat dikonsumsi dengan dibuat jus seledri.
7. Mencegah Hipertensi
Hipertensi merupakan salah satu penyebab terjadinya jantung koroner. Bagi Anda yang memiliki kelainan hipertensi, dapat dicoba dengan mengonsumsi daun seledri secara rutin. Selain dapat menurunkan darah tinggi, seledri juga dapat mengontrol tekanan darah Anda.
8. Menyehatkan Ginjal
Seledri merupakan tanaman pembersih liver secara alami. Kandungan vitamin A, B, C dan zat besi pada daun seledri sangat tinggi sehingga cocok untuk perlindungan bagi organ liver dan ginjal. Dengan mengonsumsi seledri secara rutin, dapat mencegah penyakit liver serta membersihkan racun dari tubuh.
9. Obat Herbal Antibakteri
Berdasarkan sebuah penelitian dalam Journal of Pharmacy and Pharmacology, ekstrak daun seledri yang dicampur dengan sejumlah bakteri dapat menetralisir bakter-bakteri tersebut. Hal ini membuktikan bahwa Seledri dapat digunakan sebagai antibakteri dan menjaga imunitas tubuh secara alami.
10. Seledri Sebagai Antiinflamsi
Unsur antioksidan seperti flavonoid dan polifenol dalam seledri dapat berperan sebagai antiinflamasi. Unsur-unsur itu sangat baik bagi kesehatan tubuh, terkhusus bagi orang dewasa , dengan cara memberantas radikal bebas yang berbahaya.


Nah, itu tadi manfaat daun seledri untuk kesehatan. Banyak sekali manfaat dari tanaman yang bisa dibilang mungil ini, bukan? 
Maka dari itu, ayo kita mulai rajin mengonsumsi tanaman seledri secara rutin agar kesehatan tubuh kita selalu terjaga. Jika ingin lebih hemat, Anda juga bisa membudidayakan tanaman ini sendiri karena perawatanya cukup mudah dan medianya tidak memakan tempat yang banyak.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

WOW!! Ini Dia Makanan yang Mengandung Vitamin E, Beberapa Sudah Biasa Kita Konsumsi Lho!

Sebelumnya, kalian pasti sudah tahu manfaat atau peran Vitamin E itu apa saja. Bagi kalian yang belum tahu silahkan buka di Vitamin E: Manfaat, Dosis, dan Efek Samping Setelah mengetahui manfaat Vitamin E bagi tubuh, kalian pasti bertanya-tanya “lantas apa saja makanan yang memiliki kandungan vitamin e?”. Nah, jika kalian semakin penasaran, mari simak penjelasannya di bawah ini. Makanan yang mengandung Vitamin E 1. Biji Bunga Matahari Siapa nih yang gak kenal dengan kuaci? Yap, ternyata biji bunga matahari atau yang sering kita kenal dengan kuaci ini memiliki kandungan Vitamin E lho. Meskipun kuaci ini ukurannya begitu kecil, namun kandungan Vitamin E didalamnya cukup tinggi lho. 2. Kacang Tanah kacang tanah Tentunya pasti untuk yang satu ini kalian sering memakannya. Ya, ini adalah kacang tanah. Setiap 100 gram kacang tanah panggang kering, mengandung sekitar 4,39 mg Vitamin E. Oh iya, terdapat pula kandungan lain yang dimiliki kacang tanah, seperti magnesium, kal

Begini Cara Meningkatkan Sistem Imun

Sistem imun atau sistem kekebalan tubuh merupakan suatu sistem perlindungan secara biologis yang ada di dalam tubuh manusia dengan tujuan untuk menangkal radikal bebas yang menyerang sehingga seorang individu akan terhindar dari penyakit. Apabila sistem ini dapat bekerja dengan baik, maka seseorang akan terhindar dari serangan virus ataupun bakteri, bahkan dapat mencegah dari serangan kanker. Akan tetapi, apabila sistem ini tidak bekerja dengan baik atau dalam kondisi yang lemah, maka kekebalan tubuh individu tersebut akan mudah terserang penyakit. Hal yang ditakutkan ketika sistem kekebalan tubuh melemah adalah dapat meingkatkan resiko terserang penyakit kanker. Fungsi Sistem Imun: - sistem pertahanan - keseimbangan homeostatis - perbaikan jaringan Terdapat berbagai cara untuk meningkatkan sistem imunitas tubuh. Termasuk menerapkan pola hidup sehat, menghindari stress, serta mengonsumsi suplemen untuk menambah daya imun tubuh. Menerapkan Pola Hidup Sehat Agar

7 Manfaat Olahraga Bagi Kesehatan Tubuh

Halo teman-teman, berjumpa lagi dengan HidupHHealthy.com. Apakah kamu sudah berolahraga hari ini? Apakah capek? Atau malah merasa kurang? Olahraga yang baik adalah selama 150 menit dalam seminggu. Nah dalam waktu tersebut kamu dapat membaginya menjadi 3-5 kali agar tidak terlalu berat. Namun, bagi kamu yang mungkin sibuk dan sulit untuk menyempatkan waktu untuk berolahraga, kamu dapat berolahraga setiap hari cukup 10-15 menit saja dengan gerakan-gerakan pemanasan dan peregangan agar otot-otot kamu tidak kaku saat melakukan pekerjaan. Banyak manfaat yang diperoleh dari berolahraga lho. Bagi kamu yang termasuk kaum rebahan dan jarang sekali berolahraga, cobalah memulai berolahraga. Bandingkan efeknya dengan hanya rebahan sambil ngemil. Sebelum masuk ke inti materi, apakah kamu sudah tahu apa yang dimaksud olahraga? Olahraga adalah kegiatan atau aktivitas untuk melatih kemampuan tubuh seseorang, tidak hanya secara jasmani namun juga secara rohani. BACA JUGA: OLAHRAGA RINGAN DAN